[GALERI] Sepur Yang Lagi Ngepot di #TikunganTajam

KRL Seri 6000 rangkaian 6122F meliuk di Jayakarta | Foto: Matthew Austin

Jalur kereta api di Indonesia dibangun dengan mengikuti kontur bumi yang menjadi pijakannya. Hal ini menciptakan banyak jalur KA yang menikung. Baik itu di dataran, apalagi di pegunungan. Aksi tikungan kereta api ini yang menjadi tema mingguan edisi minggu yaitu #TikunganTajam.

Tikungan tentunya menjadi salah satu lokasi fotografi favorit kebanyakan railfans di Indonesia. Hal ini juga menginspirasi tema fotografi mingguan edisi Minggu kali ini. Liukan khas sang ular besi di tikungan merupakan sesuatu yang hampir tidak dapat ditemukan pada jenis moda transportasi lainnya. Sehingga, tikungan jalur KA dan KA yang melintas jelas merupakan hal spesial.

Tentu saja, kita bisa memotret baik itu KA penumpang maupun #KudaBeban atau KA barang di tikungan tajam. Lokasi maupun fotografi dari kereta di tikungan juga dapat saja berpadu dengan tema-tema sebelumnya. Misalnya dipadu dengan teknik #PotoNdlosor atau low angle, teknik #Spoterbang atau high angle, atau memilih lokasi tikungan yang terletak di tengah-tengah sawah sehingga menghasilkan fotografi #NyepurNyawah. Bahkan terkadang juga bila beruntung, di tikungan tajam kita bisa menyaksikan sang #JawaraMembara sedang mengepulkan api atau asapnya.

Banyaknya tikungan pada jalur KA di Indonesia adalah berkah tersendiri bagi para railfans. Tidak perlu susah payah untuk mencari tikungan, karena bisa saja tikungan itu ada di dekat stasiun atau bahkan di dekat rumah railfans itu sendiri.

Daftar isi

  1. Pembuka
  2. KRL Commuter Line (1)
  3. KRL Commuter Line (2)
  4. KRL Bandara (ARS)
  5. KAJJ/KRD/KA Barang (1)
  6. KAJJ/KRD/KA Barang (2)
  7. KRL MRT Jakarta
  8. KA Sumatera Selatan

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.