Citarasa Amerika Latin Pada KRL/KRDE BN-Holec

KRL BN-Holec batch awal saat masih beroperasi
KRL BN-Holec batch awal saat masih beroperasi

Pada tanggal 16-18 April 1986, Pemerintah Indonesia mengadakan IndoRail Conference di Jakarta. Acara ini dilaksanakan untuk membahas manajemen kereta api antar beberapa negara dan rencana transfer teknologi untuk kereta rel listrik serta beberapa prasarana kereta api. Perusahaan dan otoritas terkait kereta api dari negara luar yang diundang antara lain adalah Alsthom, Francorail MTE, Nippon Sharyo, Hitachi, British Railways, dll. Beberapa pembahasan yang dilaksanakan lebih banyak ke arah persiapan peningkatan kapasiitas perjalanan kereta api di wilayah Indonesia dan transfer teknologi carbody, bogie serta teknologi traksi VVVF (Variable Voltage Variable Frequency).

Perbedaan Bogie Bolster dan Bolsterless | Sumber: JRTR
Perbedaan Bogie Bolster dan Bolsterless | Sumber: JRTR

Salah satunya adalah penerapan teknologi bogie bolsterless pada kereta rel listrik di Indonesia. Pada tahun itu, KRL di Indonesia masih memakai bogie dengan sistem bolster. Sistem bolster ini dianggap sudah mampu dikuasai oleh Indonesia sehingga diperlukan pencarian partner kerjasama pembuatan bogie bolsterless baik dengan mitra luar negeri dari Jepang maupun Eropa.

Bogie FEPASA

Bogie Fepasa yang Ditawarkan Oleh Francorail-MTE | Sumber: Perpustakaan Nasional
Bogie Fepasa yang Ditawarkan Oleh Francorail-MTE | Sumber: Perpustakaan Nasional
Motor Bogie KRL/KRDE BN Holec, Bogie Ini Menggunakan Dasar Bogie FEPASA dengan Beberapa Perubahan | Sumber: Bima Budi Satria
Motor Bogie KRL/KRDE BN Holec, Bogie Ini Menggunakan Dasar Bogie FEPASA dengan Beberapa Perubahan | Sumber: Bima Budi Satria

Pada kesempatan ini, Francorail-MTE menawarkan teknologi bogie bolsterless yang diterapkan pada kereta milik FEPASA (Ferrovia Paulista S/A) di Sao-Paulo yakni tipe bogie CL-53 buatan Creusot-Loire. Bogie FEPASA dipakai pada jalur dengan lebar track 1600 mm. Bogie ini diaplikasikan pada kereta TUE Seri 5000. Sekitar 600 bogie dengan rincian 400 motor bogie dan 200 trailer bogie telah dioperasikan di Sao-Paulo sejak tahun 1978. Selain itu, 80% bogie ini telah diproduksi di dalam negara Brazil dalam kontrak transfer teknologi bersama perusahaan manufaktur kereta api Prancis. Selain itu, fitur-fitur dalam bogie ini sudah sesuai dengan kondisi Indonesia.

Kereta FEPASA (CPTM) TUE Seri 5000 | Sumber: Wikimedia Commons
Kereta FEPASA (CPTM) TUE Seri 5000 | Sumber: Wikimedia Commons
Bogie FEPASA (CL-53) dan Kereta TUE Seri 5000 | Sumber: Creusot-Loire
Bogie FEPASA (CL-53) dan Kereta TUE Seri 5000 | Sumber: Creusot-Loire

Hal yang pertama adalah bogie frame. Tipe Bogie frame FEPASA menggunakan jenis fabricated type. Menurut Francorail-MTE, Indonesia memiliki kebutuhan bogie-bogie yang berbeda-beda baik untuk kereta penumpang, barang, kereta diesel maupun kereta listrik. Kebutuhan bogie-bogie yang berbeda-beda menyebabkan beberapa bogie dibuat dalam jumlah yang sedikit. Oleh sebab itu, Indonesia memerlukan kehati-hatian dan membuat standar untuk bogie-bogie yang akan digunakan. PT INKA selaku perusahaan manufaktur kereta dalam negeri menanggapi hal tersebut dengan menyetujui paparan Francorail tentang bogie frame FEPASA dengan catatan bahwa PT INKA membutuhkan beberapa peralatan spesifik, prosedur pembuatan yang spesifik serta technical assistance.

Bogie Frame KRL BN-Holec, Sama Persis dengan Bogie FEPASA
Bogie Frame KRL BN-Holec, Sama Persis dengan Bogie FEPASA

Hal yang kedua adalah instalasi traksi motor dan transmisi. Bogie FEPASA menggunakan tipe axle hung dan nose suspended traction motor. Menurut Francorail-MTE, penerapan tipe instalasi ini merupakan yang termurah serta memberikan ruang yang lebih luas untuk motor sehingga motor listrik dapat mengeluarkan tenaga dan torque secara maksimum. Namun, tipe instalasi ini tidak direkomendasikan untuk operasional kereta dengan kecepatan tinggi dengan kondisi jalur yang tidak bagus. Selain itu, Francorail-MTE beranggapan bahwa jalur-jalur yang telah direhabilitasi oleh PJKA sangat kompatibel menggunakan tipe instalasi motor dan transmisi axle hung – nose suspended. PT INKA juga menyetujui penggunaan sistem ini. Menurut PT INKA inisiasi transfer teknologi ini semacam ini memang baik sebab memberikan alternatif sistem yang sederhana serta murah tetapi tidak menutup kemungkinan transfer teknologi yang lebih canggih di masa yang akan datang.

Sistem instalasi motor listrik dan transmisi axle hung dan nose suspended yang ditawarkan pada Bogie FEPASA | Sumber: RailElectrica
Sistem instalasi motor listrik dan transmisi axle hung dan nose suspended yang ditawarkan pada Bogie FEPASA | Sumber: RailElectrica
Proses Dismantling Motor Traksi KRL BN Holec
Proses Dismantling Motor Traksi KRL BN Holec

Bogie FEPASA menggunakan suspensi utama tipe roll rubber (karet). Menurut Francorail-MTE, penggunaan sistem ini murah dan memberikan efek pengurangan baik getaran maupun gerakan lateral bogie lebih baik. Sistem ini juga sangat relevan apabila perusahaan-perusahaan di bidang karet telah menguasai proses pembuatannya secara baik. Bila dibandingkan dengan suspensi karet, suspensi baja memiliki harga yang lebih mahal, tidak terlalu memberikan pengurangan baik getaran maupun gerakan lateral secara maksimal meskipun secara umum reliabel seperti suspensi karet. Francorail dan PT INKA menyatakan bahwa pembuatan komponen ini sangat kritis dan transfer teknologi sangat diperlukan bila dibandingkan dengan mengimpornya. Pada saat itu, Bogie FEPASA masih mengimpor komponen tersebut.

Dua Sistem Suspensi Utama Dengan Karet. Bogie FEPASA Menggunakan Tipe Roll Rubber | Sumber: JRTR
Dua Sistem Suspensi Utama Dengan Karet. Bogie FEPASA Menggunakan Tipe Roll Rubber | Sumber: JRTR
Suspensi Primer dan Suspensi Sekunder Pada Bogie KRL/KRDE BN Holec yang Menggunakan Sistem Bogie FEPASA | Sumber : Bima Budi Satria
Suspensi Primer dan Suspensi Sekunder Pada Bogie KRL/KRDE BN Holec yang Menggunakan Sistem Bogie FEPASA | Sumber : Bima Budi Satria

Sedangkan suspensi kedua atau secondary suspension menggunakan suspensi udara dengan sistem pneumatik (damper). Francorail memaparkan bahwa sistem pneumatik ini ringan dan memberikan kenyamanan yang baik dengan automatic levelling dan load measurement. Tetapi, sistem ini sedikit lebih mahal dibandingkan suspensi pegas baja dan memerlukan pengawasan yang ketat. Penggunaan load measurement dan automatic levelling pada sistem kereta urban biasanya sangat menentukan tingkat kenyamanan. Untuk transfer teknologi, bagian-bagian yang sangat penting adalah air bags, pipa pneumatik dan filtering unit sedangkan bagian lainnya dapat dibuat secara konvensional dan dapat dilakukan transfer teknologi.

Sistem Suspensi Udara dengan Damper pada Bogie FEPASA | Sumber: Perpustakaan Nasional
Sistem Suspensi Udara dengan Damper pada Bogie FEPASA | Sumber: Perpustakaan Nasional

Sistem pengereman bogie ini menggunakan sistem rem udara dengan 4 blok silinder dengan instalasi di tiap ujung bagian bogie dan menggunakan tread brake berbahan komposit. Menurut Francorail, sistem ini cocok untuk Indonesia sebab dapat diaplikasikan pada axle load rendah . Selain itu biaya perawatan yang murah menjadi salah satu kelebihannya. Untuk blok silinder, Indonesia meminta agar dapat dibuat di Indonesia dengan mitra dari perusahaan luar negeri yang terspesialisasi di bidangnya.

Sistem Pengereman Bogie FEPASA dengan Sistem Tread Brake | Sumber: Perpustakaan Nasional
Sistem Pengereman Bogie FEPASA dengan Sistem Tread Brake | Sumber: Perpustakaan Nasional

Beberapa tahun kemudian, Francorail-MTE terpecah menjadi dua yakni di bawah naungan Alsthom dan Bombardier (BN). Hal ini menyebabkan beberapa dokumen-dokumen yang dimiliki BN tersebar dan dapat digunakan oleh dua perusahaan baik Alsthom maupun Bombardier. Dokumen tentang teknologi bogie dan konstruksi lain-lainnya pun dimiliki oleh Alsthom dan Bombardier.

Pada tahun 1994, Konsorsium INKA, BN dan Holec Ridderkerk memenangkan tender pengadaan Kereta Rel Listrik baru dengan program alih teknologi beserta bogie. Konsorsium ini memberikan transfer teknologi bogie yang sama seperti bogie yang pernah dipresentasikan oleh Francorail MTE sebelumnya. Namun dengan sedikit perbedaan setelah diskusi lebih lanjut.

Permasalahan di Indonesia 

Sistem Transmisi dan Penerusan Gaya Pada KRL BN Holec | Sumber: BPPT
Sistem Transmisi dan Penerusan Gaya Pada KRL BN Holec | Sumber: BPPT

Bogie ini ternyata memiliki beberapa permasalahan setelah diaplikasikan di Indonesia. Salah satunya adalah permasalahan lepasnya motor listrik salah satu kereta KRL BN-Holec pada saat uji coba di testtrack PT INKA. Lepasnya motor listrik ini disebabkan kesalahan machining gigi-gigi face spline coupling dan kesalahan prosedur pengencangan baut pengikat kopling dengan menggunakan locktite yang terlalu cepat mengering sehingga mengakibatkan kurang kuatnya torsi pegencangan baut pengikat. Kesalahan sekunder disebabkan karena kelemahan konstruksi bearing arm, yaitu kurang amannya baut penahan motor traksi dan baut pengikat safety catch yang membuat lepasnya safety catch.

Celah Pada Tip/Root yang Menjadi Permasalahan Pada KRL BN Holec | Sumber: BPPT
Celah Pada Tip/Root yang Menjadi Permasalahan Pada KRL BN Holec | Sumber: BPPT

Akhirnya, BPPT melakukan modifikasi pada sistem transmisi dan komponen bogie KRL. Perbaikan ini hanya berlaku untuk KRL yang masih dalam tahap produksi dan tidak diterapkan pada produksi KRL selanjutnya. Hal ini disebabkan konstruksi transmisi masih mengalami kesulitan dalam pemasangan dan pelepasan motor traksi. Sehingga, BPPT menyarankan perubahan desain transmisi dan penyempurnaan.

Modifikasi Pada Bogie KRL BN Holec | Sumber: BPPT
Modifikasi Pada Bogie KRL BN Holec | Sumber: BPPT

Permasalahan lainnya antara lain :

  1. Terlalu lamanya waktu yang diperlukan dalam pembongkaran badan kereta terhadap bogie karena rumitnya peralatan mekanik dan sistem sambungan kabel. Bila menggunakan perbandingan, pembongkaran bogie KRL BN/Holec membutuhkan waktu lima hari dengan dua orang pekerja sedangkan bogie KRL Jepang hanya memerlukan waktu dua hari dengan dua orang pekerja.
  2. Konstruksi gear box yang menyulitkan saat pembubutan (reprofile) roda sehingga gear box perlu dibuka. Padahal menurut ketentuan, gear box hanya perlu dibuka setelah mencapai satu juta km masa operasi.
  3. Konstruksi bogie frame H dengan end-beam yang dianggap mempermudah perawatan justru malah mempersulit. Menurut BPPT, konstruksi H dengan end-beam tidak memberikan kontribusi yang banyak. Konstruksi ini hanya digunakan untuk menggantung tread brake dari sisi luar roda.
  4. Roda cepat aus karena penggunaan bahan tread brake yang tidak sesuai serta sistem pengereman yang hanya bertumpu pada satu sistem saja.

Transfer teknologi bogie ini tidak dapat ditentukan secara independen oleh Pemerintah Indonesia dan harus mengikuti kebijakan dari perusahaan manufaktur kereta api. Hak kekayaan intelektual sangat penting dan dipertimbangkan dengan matang-matang oleh perusahaan. Sehingga terkadang penerapannya bisa berbeda-beda di setiap negara. Saat ini, hal itu sudah mulai agak berkurang karena pemesan dapat melakukan negosiasi lebih jauh untuk menentukan reliabilitas kereta yang akan digunakan di jalurnya dengan perusahaan yang akan melakukan produksi kereta tersebut. (RED/rnovanto)

Sumber :

Bombardier Transportation. 2005. Bombardier Transportation A Global Transportation Leader. Jepang : JRTR.

Francorail-MTE. 1980. Creusot Loire Division Traction Railroad Division. Prancis : Francorail-MTE.

Gondoprajogo, Juliarso. 1999. Pengkajian Tentang Konstruksi Sistem Transmisi dan Komponen Bogi Kereta Rel Listrik. Jakarta : BPPT.

Pontanel, Eric. 1986. Practical Technology Transfer Applied to Rolling Stock. Jakarta : PT Konfereks Indo Prima via Perpustakaan Nasional.

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

34 komentar pada “Citarasa Amerika Latin Pada KRL/KRDE BN-Holec

  • Jumat, 21 Juli 2023 pada GMT+0700 16:24
    Permalink

    I would like to express some thanks to the writer for bailing me out of such a predicament. As a result of exploring through the search engines and getting recommendations that were not helpful, I believed my life was done. Existing without the strategies to the issues you have resolved all through the report is a crucial case, and those that might have badly affected my career if I had not discovered the website. Your own personal training and kindness in touching all the details was helpful. I don’t know what I would’ve done if I had not discovered such a solution like this. I am able to at this point relish my future. Thanks for your time so much for the high quality and sensible help. I won’t be reluctant to propose your site to anybody who should get support about this subject matter.

    Balas
  • Sabtu, 22 Juli 2023 pada GMT+0700 10:50
    Permalink

    I have to point out my love for your generosity giving support to men and women who absolutely need help on this one niche. Your very own dedication to getting the message across came to be wonderfully practical and has really encouraged some individuals much like me to reach their dreams. Your entire helpful suggestions signifies a great deal to me and still more to my office workers. Thanks a lot; from everyone of us.

    Balas
  • Minggu, 23 Juli 2023 pada GMT+0700 05:48
    Permalink

    I actually wanted to write down a simple note to express gratitude to you for the superb items you are writing at this website. My extended internet look up has now been compensated with reputable content to go over with my pals. I ‘d tell you that many of us website visitors are unequivocally fortunate to dwell in a very good website with many perfect professionals with valuable hints. I feel really grateful to have come across your entire web pages and look forward to plenty of more amazing times reading here. Thank you again for everything.

    Balas
  • Senin, 24 Juli 2023 pada GMT+0700 00:55
    Permalink

    I in addition to my buddies came going through the good guidelines located on the website while suddenly developed an awful suspicion I had not thanked the site owner for those secrets. Those people appeared to be consequently joyful to read all of them and already have in truth been making the most of those things. Appreciate your getting quite considerate and also for settling on this form of fabulous things millions of individuals are really eager to discover. My personal sincere regret for not saying thanks to you sooner.

    Balas
  • Senin, 24 Juli 2023 pada GMT+0700 18:25
    Permalink

    I enjoy you because of your own effort on this site. Kim delights in carrying out internet research and it’s easy to see why. A number of us learn all relating to the dynamic manner you produce advantageous tips and hints by means of the blog and therefore increase response from other individuals about this idea while my simple princess is truly becoming educated a lot. Have fun with the rest of the new year. You are doing a terrific job.

    Balas
  • Selasa, 25 Juli 2023 pada GMT+0700 12:09
    Permalink

    I would like to express my gratitude for your kind-heartedness supporting those people that should have assistance with that matter. Your special commitment to getting the message all over appears to be really important and has made regular people much like me to realize their ambitions. Your new informative guide implies so much a person like me and especially to my peers. Regards; from everyone of us.

    Balas
  • Rabu, 26 Juli 2023 pada GMT+0700 06:51
    Permalink

    I wish to express thanks to this writer for bailing me out of this particular predicament. As a result of scouting throughout the world-wide-web and finding views which were not helpful, I was thinking my entire life was done. Living devoid of the solutions to the issues you’ve sorted out through your good guideline is a crucial case, and the ones which might have in a wrong way damaged my entire career if I had not encountered your website. Your own ability and kindness in handling every item was vital. I’m not sure what I would have done if I hadn’t come across such a solution like this. I can also at this point look ahead to my future. Thanks for your time so much for this high quality and sensible help. I won’t be reluctant to refer the sites to any individual who needs and wants counselling on this issue.

    Balas
  • Kamis, 27 Juli 2023 pada GMT+0700 01:31
    Permalink

    I must express appreciation to you just for rescuing me from such a scenario. Right after checking through the world-wide-web and obtaining basics that were not pleasant, I assumed my life was done. Living devoid of the answers to the issues you’ve resolved through your good guide is a critical case, as well as ones which might have in a wrong way damaged my career if I hadn’t discovered your web blog. Your primary know-how and kindness in controlling every item was invaluable. I am not sure what I would’ve done if I hadn’t encountered such a stuff like this. I can also now look ahead to my future. Thank you very much for the specialized and amazing guide. I will not be reluctant to recommend your web blog to anybody who needs to have guidance on this situation.

    Balas
  • Kamis, 27 Juli 2023 pada GMT+0700 19:14
    Permalink

    I really wanted to write down a brief note so as to thank you for all the stunning steps you are posting here. My considerable internet search has now been recognized with pleasant concept to go over with my colleagues. I ‘d admit that we site visitors actually are rather blessed to dwell in a perfect place with many outstanding individuals with very beneficial principles. I feel quite lucky to have used your entire website page and look forward to really more excellent moments reading here. Thank you once again for all the details.

    Balas
  • Sabtu, 5 Agustus 2023 pada GMT+0700 09:44
    Permalink

    This web page is mostly a walk-by way of for all of the info you needed about this and didn抰 know who to ask. Glimpse here, and you抣l definitely discover it.

    Balas
  • Kamis, 10 Agustus 2023 pada GMT+0700 01:43
    Permalink

    Oh my goodness! an amazing article dude. Thank you However I’m experiencing situation with ur rss . Don抰 know why Unable to subscribe to it. Is there anyone getting equivalent rss downside? Anybody who is aware of kindly respond. Thnkx

    Balas
  • Senin, 14 Agustus 2023 pada GMT+0700 11:32
    Permalink

    There are definitely a whole lot of details like that to take into consideration. That may be a great point to carry up. I provide the thoughts above as normal inspiration but clearly there are questions like the one you convey up the place the most important factor will likely be working in honest good faith. I don?t know if greatest practices have emerged round issues like that, but I’m positive that your job is clearly identified as a good game. Both girls and boys really feel the impression of only a second抯 pleasure, for the rest of their lives.

    Balas
  • Selasa, 15 Agustus 2023 pada GMT+0700 10:01
    Permalink

    Hi there! I know this is kinda off topic nevertheless I’d figured I’d ask.

    Would you be interested in trading links or maybe guest writing a blog article or vice-versa?
    My site goes over a lot of the same topics as yours and I feel we could greatly benefit
    from each other. If you might be interested feel free
    to shoot me an email. I look forward to hearing from you!
    Wonderful blog by the way!

    Balas
  • Rabu, 16 Agustus 2023 pada GMT+0700 22:51
    Permalink

    you’ve a terrific blog right here! would you like to make some invite posts on my blog?

    Balas
  • Kamis, 17 Agustus 2023 pada GMT+0700 16:15
    Permalink

    Spot on with this write-up, I really assume this website wants rather more consideration. I抣l in all probability be again to read rather more, thanks for that info.

    Balas
  • Sabtu, 19 Agustus 2023 pada GMT+0700 02:50
    Permalink

    It is best to take part in a contest for probably the greatest blogs on the web. I’ll advocate this site!

    Balas
  • Sabtu, 19 Agustus 2023 pada GMT+0700 21:15
    Permalink

    I discovered your blog website on google and verify just a few of your early posts. Continue to maintain up the very good operate. I just further up your RSS feed to my MSN Information Reader. Seeking forward to reading more from you later on!?

    Balas
  • Minggu, 20 Agustus 2023 pada GMT+0700 05:02
    Permalink

    I just wanted to develop a quick comment to thank you for the stunning steps you are showing here. My rather long internet search has now been compensated with useful ideas to go over with my friends and classmates. I ‘d assert that many of us site visitors actually are rather lucky to be in a great network with many perfect professionals with useful points. I feel pretty blessed to have discovered your webpage and look forward to really more awesome moments reading here. Thanks a lot again for all the details.

    Balas
  • Senin, 21 Agustus 2023 pada GMT+0700 11:43
    Permalink

    Hi there, everything is going perfectly here and ofcourse every one is sharing information, that’s
    genuinely fine, keep up writing.

    Balas
  • Rabu, 20 September 2023 pada GMT+0700 00:09
    Permalink

    Thank you for any other informative site. Where
    else may I get that kind of info written in such an ideal way?

    I have a mission that I am just now operating on, and I’ve been at
    the look out for such information.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.